Sekda Takalar Mewakili Pj Bupati Hadiri Sosialisasi Teknis Transformasi UPK EKS PNPM Menjadi BUMDESMA

Advertisement

Sekda Takalar Mewakili Pj Bupati Hadiri Sosialisasi Teknis Transformasi UPK EKS PNPM Menjadi BUMDESMA

Radar Nusantara News Celebes
Selasa, Mei 21, 2024


RNNCelebes.com, Takalar

Penjabat (Pj) Bupati Takalar Dr. Setiawan Aswad, M.Dev.,Plg., yang diwakili Sekretaris daarah (Sekda) Takalar membuka Sosialisasi Teknis Transformasi UPK EKS PNPM menjadi Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDESMA).

Rapat sosialisasi tersebut, Sekda Takalar H. Muhammad Hasbi, S.STP., M.AP., memimpin langsung Sosialisasi Teknis Transformasi UPK EKS PNPM menjadi Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDESMA) bertempat di Ruang Pola Kantor Bupati Takalar, Senin 20/05/2024.

Kegiatan rapat yang juga dihadiri Kepala Dinas (Kadis) Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (DSPMD) Kabupaten Takalar dalam laporannya menjelaskan, bahwa ada 5 (Lima) kecamatan terlibat dalam kegiatan ini sebagai dasar evaluasi dari Inspektorat Daerah Kabupaten Takalar. 

“Hari ini ada lima kecamatan yang ikut dalam kegiatan ini, yaitu kecamatan polongbangkeng utara, kecamatan Polongbangkeng Selatan, Kecamatan Sanrobone, Kecamatan Mappakasunggu, Kecamatan Tana keke, Keputusan ini didasarkan pada UPK yang dianggap tidak memiliki keterlibatan aktif di lapangan, meskipun beberapa di antaranya memiliki tunggakan yang dianggap wajar", tuturnya.

Lebih lanjut, dirinya juga mengatakan, bahwa sebagai harapannya, "Pembentukan BUMDESMA di kecamatan tersebut menjadi tonggak awal bagi pembentukan BUMDESMA reguler di wilayah pesisir dan pegunungan. Acara ini juga merupakan kelanjutan dari sosialisasi sebelumnya”, ujar Kadis DSPMD.


Pada kesempatan yang sama, Pj Bupati Takalar yang diwakili oleh Sekda Kabupaten Takalar, H. Muhammad Hasbi, S. STP., M. AP, menyatakan, bahwa pentingnya ilmu dan tindakan positif dalam mewujudkan tujuan sosialisasi merupakan
bentuk Teknis Transformasi UPK EKS PNPM menjadi BUMDESMA.

“Bentuk Teknis Transformasi UPK EKS PNPM menjadi BUMDESMA ini merupakan strategi pemerintah daerah untuk menguatkan badan usaha di tingkat desa, Tujuan kita berkumpul hari ini bersepakat  untuk membentuk BUMDESMA yang di-MoU dan di-launching beberapa waktu lalu", ujarnya.

Adapun sebagai harapan kedepannya, Sekda Takalar berharap dapat mencapai kesepakatan dengan melibatkan PNPM, BUMDESMA akan lebih eksis dan strategis dalam mendukung pembangunan di tingkat desa. "Dengan kehadiran BUMDESMA di setiap desa, diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian lokal, keberadaan BUMDESMA akan memperkuat struktur ekonomi di tingkat desa, memungkinkan masyarakat untuk memiliki akses lebih besar terhadap sumber daya dan peluang ekonomi yang ada”, harap Sekda Takalar. 

Pada akhirnya, kegiatan rapat dirangkaikan dengan penyampaian materi oleh Nur Ilham Malik, SE, Ak, dari Inspektorat, dan Tamsil Pattalolo, SE, MM, MAk, Koordinator dari Tenaga Ahli Kementerian Desa P3MD Kabupaten Takalar, Provinsi Sulawesi Selatan. Materi yang disampaikan mencakup aspek teknis dan strategis dalam mengimplementasikan transformasi tersebut.

Kegiatan rapat nampak juga dihadiri oleh seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Takalar, camat, kades, ketua BP.UPK, BPD, dan BKAD.

( Rahmat )