Komitmen, Upaya Percepatan, Pencegahan dan Penurunuan Stunting Terintegrasi di Kab. Takalar

Advertisement

Komitmen, Upaya Percepatan, Pencegahan dan Penurunuan Stunting Terintegrasi di Kab. Takalar

Radar Nusantara News Celebes
Sabtu, Mei 18, 2024


RNNCelebes.com, Takalar

Pemerintah Kabupaten Takalar terus berupaya dalam Percepatan Penurunan Stunting, Pj. Bupati Takalar pada rapat pembukaan Koordinasi Rembuk Stunting Tingkat KabupatenTakalar yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Takalar di Gedung PKK Kabupaten Takalar, Jum'at 17/05/2024.

Pada rapat koordinasi yang juga dihadiri perwakilan Forkopimda Takalar, Pimpinan OPD Takalar, Kepala Kantor Kementerian Agama Takalar, Pimpinan Bank Sulselbar Kabupaten Takalar, para Akademisi se-Kabupaten Takalar, Pimpinan Ormas se-Kabupaten Takalar, para Camat se-Kabupaten Takalar, para Danramil dan Kapolsek se-Kabupaten Takalar dan para Kepala Puskesmas se-Kabupaten Takalar.

Dalam rapat tersebut,  Pj. Bupati Takalar Dr. Setiawan Aswad,.M.Dev,.Plg., mengatakan, bahwa kegiatan ini sangat penting, oleh karena rembuk stunting ini merupakan suatu aksi emergency penanganan stunting dan juga menjadi peringatan buat kita semua untuk melakukan sesuatu dalam penurunan stunting di Kabupaten Takalar.

"Berdasarkan Survei Kesehatan Indonesia (SKI) angka stunting tahun ini mengalami peningkatan, agak berbeda dengan Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (e-PPGBM) yang menunjukkan bahwa angka stunting kita menurun. Kita harus cermati ini, yang mana data yang valid, besar kemungkinan perbedaan data itu karena persoalan populasi", jelasnya.

Dirinya menambahkan, bahwa apapun hasilnya, kita jadikan ini sebagai motivasi buat kita semua untuk terus berupaya dalam penurunan stunting. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah cakupan posyandu, semua bayi, balita dan ibu hamil yang ada di desa harus tercover, baik penimbangan dan pemeriksaannya.

"Posyandu menjadi tempat kita memaksimalkan gizi dimasyarakat dan memberikan edukasi kemasyarakat pentingnnya memeriksakan anak-anak kita keposyandu. Mari kita bersama-sama melakukan pembinaan posyandu, jika kita melakukan bersama saya yakin ada hasil yang akan dicapai", ujarnya.

Diakhir kegiatan yang dirangkaikan dengan Penandatangan Pernyataan Komitmen Pelaksanaan Percepatan, Pencegahan dan Penurunuan Stunting Terintegrasi di Kabupaten Takalar oleh Pj. Bupati Takalar, Forkopimda Takalar, Kepala Bapelitbangda Kabupaten Takalar, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Takalar, Kepala Dinas Sosial & PMD Kabupaten Takalar, Dirwktur RSUD Haji Padjonga Dg. Ngalle Takalar, Direktur Rumah Sakit Galesong dan Pimpinan Bank Sulselbar Kabupaten Takalar.

( Rahmat )