Pj. Bupati Takalar Membuka Musrenbang RKPD Kab. Takalar 2025

Advertisement

Iklan


 

Pj. Bupati Takalar Membuka Musrenbang RKPD Kab. Takalar 2025

Radar Nusantara News Celebes
Sabtu, April 20, 2024


RNNCelebes.com, Takalar

Pemerintah Kabupaten Takalar melalui Badan Perencanaan dan Penelitian, Pengembangan Pembangunan Daerah (Bapelitbangda), menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) terhadap  Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Takalar tahun 2025. Kamis, 18/04/2024.

Kegiatan yang dipusatkan di Aula Wisata Permandian Sampulungan Kecamatan Galesong Utara, yang dibuka langsung oleh Pj. Bupati Takalar Dr. Setiawan Aswad, M.Dev,.Plg., dengan ditandai Tabuhan Gendang.

Pada kesempatan tersebut, turut hadir Kepala BKD Prov. SulSel Dra. Hj. Sukarniaty Kondolele, MM, Sekda H. Muhammad Hasbi, Ketua DPRD Takalar, Pj. Ketua TP. PKK Takalar, Forkopimda Takalar, Kepala OPD dan Camat se-Kabupaten Takalar.

Dalam sambutannya Pj. Bupati Setiawan Aswad mengatakan, bahwa Penyelenggaraan Musrenbang RKPD Kabupaten Takalar 2025 merupakan salah satu tahapan substantif yang wajib dilalui dalam penyusunan RKPD dan hal ini bertujuan untuk menyepakati permasalahan pembangunan daerah, menyepakati program, kegiatan, pagu indikatif, indikator dan target kinerja dalam RKPD, yang hasilnya akan menjadi output dalam proses penyempurnaan rancangan akhir RKPD.

"Pelaksanaan kegiatan musrenbang ini di tahun 2024 pemerintah daerah diwajibkan menyusun tiga dokumen rencana daerah sebagaimana Instruksi Mendagri nomor 1 tahun 2024, sehingga pemda sudah harus menetapkan perda RPJPD periode tahun 2025 sampai 2045 paling lambat bulan September 2024", tuturnya. 
Lebih lanjut, "Hal ini akan dijadikan acuan visi-Misi bagi calon kepala daerah, wajib menyiapkan rancangan teknokratik RPJMD periode 2025-2029 dan dokumen RKPD tahun 2025 sebagaimana Musrembang yang dilaksanakan hari ini", jelas Bupati Takalar.


Dirinya juga menambahkan, bahwa Rancangan RKPD Kabupaten Takalar tahun 2025 sebagai latar Musrembang Kabupaten telah disusun dengan memperhatikan isu-isu strategis dan identifikasi permasalahan pembangunan serta tantangan yang dihadapi. Selain rumusan rancangan RKPD yang dibahas telah diselaraskan dengan RKPD 2025.

Pada kesempatan yang sama Kepala BKD Prov. SulSel Dra. Hj. Sukarniaty Kondolele  MM mewakili Pj. Gubernur Prov. SulSel pada kesempatan yang sama mengatakan, bahwa penyelenggaraan Musrembang RKPD 2025 ini sangat penting dalam rangka sistem perencanaan daerah dapat dimanfaatkan. Hal ini untuk menyamakan persepsi dan menyatukan pandangan tentang marakraf  menyangkut urusan pemerintahan serta  pembangunan secara luas, sehingga program program pembangunan selalu selaras dengan pembangunan dengan tingkat provinsi dan Nasional.

"Secara khusus saya menyampaikan terima kasih dan mengapresiasi penghargaan yang setinggi tingginya kepada Pj. Bupati Takalar dan seluruh pemangku kepentingan pembangunan atas segala dukungan dan kontribusi dalam penyelenggaraan pemerintahan dalam mewujudkan sulawesi selatan yang lebih sejahtera", tutup Kepala BKD Prov. SulSel tersebut.

Sementara itu, Kepala Bapelitbangda Takalar Ahmad Rivai dalam laporannya menyampaikan, bahwa Musrenbang RKPD Kabupaten Takalar 2025 dilaksanakan dalam rangka penyusunan rencana kerja Pemerintah Kabupaten Takalar tahun 2025.

Mengacu pada Undang-Undang nomor 25 tahun 2004 tentang System Perencanaan Pembangunan Nasional, UU Nomor 24 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 86 tahun 2017 tentang Taa Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah. Sebagai tujuan untuk menampung berbagai masukan dan usulan dari stakeholder dalam rangka penjabaran penyelarasan musyawarah dalam pembangunan daerah kedepan.

( Rahmat )