Pembukaan Rapat Pleno Kab Takalar Terkait Zakat, Infaq, dan Sedekah

Advertisement

Iklan


 

Pembukaan Rapat Pleno Kab Takalar Terkait Zakat, Infaq, dan Sedekah

Radar Nusantara News Celebes
Jumat, April 05, 2024


RNNCelebes.com, Takalar

Pembukaan rapat pleno strategis Kabupaten Takalar, yang melibatkan Forkompimda, Pemda, dan Baznas terkait pelaksanaan serta pengelolaan zakat, infaq, dan sedekah. Acara tersebut berlangsung di Ruang Pola Kantor Bupati Kabupaten Takalar, Jum'at 5 April 2024.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Takalar, Dr. Setiawan Aswad, M.Dev., Plg., mengungkapkan keyakinannya, bahwa melalui lancarnya zakat infaq, masyarakat dapat mengatasi sedikit demi sedikit masalah kemiskinan ekstrem.

"InsyaAllah dengan adanya zakat infaq ini kita bisa mengatasi sedikit demi sedikit miskin ekstrem, zakat sangat penting karena tidak hanya memberikan kenikmatan didunia, tetapi juga di akhirat nantinya", ujarnya.


Sementara itu, Sekda Kabupaten Takalar, H Muhammad Hasbi, S.STP., M.AP, menjelaskan, bahwa tentang kebijakan pemotongan Tunjangan Pengjasilan Pegawai (TPP) yang akan diberlakukan. Pemotongan sebesar 2,5 % akan dikenakan bagi gaji di atas 6,8 juta ke atas.

"Akan ada pemotongan dari gaji TPP sebesar 2,5 % bagi yang memiliki pendapatan 6,8 juta ke atas ini akan di hitung zakat dari PNS tersebut", ungkap Sekda Kabupaten Takalar.

Dalam konteks perbankan, pimpinan Cabang Bank Sulselbar, Mubarak Syaifullah menegaskan, bahwa tidak akan ada pemotongan tanpa persetujuan dari surat kuasa yang sah.

"Kami ingin menegaskan bahwa tidak akan ada pemotongan rekening tanpa persetujuan dari surat kuasa yang bersangkutan. Bank secara regulasi tidak memiliki kewenangan untuk memotong rekening tanpa persetujuan yang sah", jelasnya.

Rapat pleno strategis ini menyoroti pentingnya sinergi antara pemerintah, lembaga keagamaan, dan sektor perbankan dalam mengelola zakat, infaq, dan sedekah untuk kepentingan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Takalar.

Pada rapat pleno tersebut, dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Takalar, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Takalar, Ketua Baznas Kabupaten Takalar, pimpinan OPD Kabupaten Takalar, camat, dan lurah se-Kabupaten Takalar.

( Rahmat )