Pastikan Aplikasi Srikandi Optimal, Pj. Bupati Takalar Lakukan Sidak

Advertisement

Iklan


 

Pastikan Aplikasi Srikandi Optimal, Pj. Bupati Takalar Lakukan Sidak

Radar Nusantara News Celebes
Sabtu, Februari 24, 2024


RNNCelebes.com, Takalar 

Memasuki era digital dan perkembangan teknologi yang pesat, memengaruhi berbagai kehidupan dan pekerjaan. Hal ini disebabkan perubahan sistem dan cara kerja pada suatu instansi yang bertransformasi menjadi Pemerintahan Berbasis Elektronik atau SPBE.
Untuk memastikan hal tersebut, Pj. Bupati Takalar melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di salah satu kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Takalar, Jum'at 23/02/2024.

Pj. Bupati Takalar Dr. Setiawan Aswad,.M.Dev,.Plg. menjelaskan, bahwa digitalisasi pengarsipan yang diwujudkan dalam aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi atau SRIKANDI, yang hadir untuk menciptakan tata kelola pemerintah yang lebih efektif dan transparan.

Hal ini disampaikan, oleh karena ada beberapa fitur yang dimiliki aplikasi SRIKANDI, yakni proses Pembuatan Naskah, Verifikasi Naskah dan Klasifikasi dan Pemusnahan Arsip. Dalam proses pembuatan naskah, arsip yang telah selesai memang akan memiliki proses yang cukup rumit, olehnya itu SRIKANDI akan membantu anda untuk membuat arsip lalu dilakukan pengiriman. Dan juga ada proses penerimaan naskah arsip secara elektronik antar instansi pemerintah.
 
Dirinya juga menambahkan, bahwa untuk Verifikasi Naskah, Sebelum naskah dikirim memang memerlukan adanya proses review dari yang memiliki tanggung jawab atau proses verifikasi draft yang telah dibuat. Dimana hal ini bertujuan, agar naskah tetap utuh, otentik dan dipercaya oleh penerima.


Selain itu, ada proses penandatangan secara elektronik. Mungkin bagi anda yang sebagai pegawai dinas sering melakukan pengarsipan data membutuhkan ketelitian, oleh karena banyaknya data yang ada perlunya mencantumkan data ke arsip secara teliti.

"Dengan aplikasi SRIKANDI ini arsip yang dibuat dan dikelola dalam SPBE akan lebih optimal, dalam melindungi kepentingan kelola pemerintahan yang bersih, efektif, dan transparan. Dengan begitu, SRIKANDI dapat menjadikan pelayanan publik lebih berkualitas dan terpercaya", tutup Pj. Bupati Takalar.

( Rahmat )